Strategi Instagram Marketing

Tips Cara Sukses Dengan Strategi Instagram Marketing 2020

Anda tentu ingin sukses dengan strategi Instagram marketing, terutama bagi Anda pemilik toko online, UMKM, perusahaan, content creator dan lainnya. Berikut ini adalah tips sukses Instagram marketing 2020.

Strategi Instagram Marketing

Tidak ada yang instan dalam menggapai kesuksesan oleh karena itu beberapa tips ini jika Anda lakukan dengan konsisten tentunya dapat membuahkan hasil yang lebih baik.

Buat profil yang eye-catching

Pertama-tama, pastikan profil Anda dioptimalkan untuk bisnis dan audiens target Anda; feed Anda harus mencerminkan beberapa hal berikut ini.

Profil Anda harus mengandung value bisnis Anda dan dengan jelas menceritakan tentang merek Anda. Jangan terlalu formal tetapi buatlah konten untuk bersosial dan mudah didekati.

BIO Instagram Anda sangat penting, harus menarik dan informatif. Gunakan nama merek Anda, kemudian tambahkan tagar bermerek.

Contoh : #jfautowear / #beranikeren dan yakinkan follower bahwa akun Anda akan memberikan sebuah value pada feed mereka.

Lihat contoh profil Instagram JF Autowear

Tips: Lakukan riset, lihat apa yang pesaing post dan pelajari minat audiens Anda. Gunakan linktr.ee untuk memasukkan lebih dari satu tautan pada BIO Anda (ke berbagai halaman / acara / dll)

Profil Instagram Marketing
Profil Instagram : Jf Autowear

Rencanakan Feed Secara Visual

Membuat profil yang menarik secara estetika mungkin sulit, tetapi hal itu merupakan strategi Instagram yang penting pada tahun 2020.

Maka tentu yang Anda butuhkan adalah kemampuan fotografi, videografi dan juga editing foto atau video.

Tools Editing : Photoshop dan untuk video Adobe Premiere / Filmora.

Banyak orang mengatakan kesulitan dalam hal ini, tetapi hal utama yang perlu diingat adalah untuk menjaga semuanya konsisten dalam hal warna dan merek Anda.

Karena warna dan konsistensi tersebut yang akan membantu Anda dalam membuat citra merek yang jelas dalam pikiran pengikut Anda.

“Customers think that the quality of a product’s image is more important than product-specific information (63%), a long description (54%) and ratings and reviews (53%)” – Jeff Bullas

Konten Berimbang

Buat konten berimbang dalam hal penayangan, hal ini berpengaruh besar pada psikologis follower Anda.

  • Jangan sering memposting sesuatu yang sama berulang-ulang tentu itu akan membuat follower Anda bosan.
  • Post jangan terlalu berdekatan usahakan beri waktu jeda
  • Postingan jangan hardselling secara terus menerus, kombinasikan dengan hal umum yang masih relevan.
Cara Post Instagram
Feed JF Autowear

Kategorikan konten Anda ke dalam tema atau topik serta temukan keseimbangan yang berfungsi.
Gunakan Instagram Insights untuk membantu Anda mempelajari mana yang berhasil dan yang tidak.

Buat Bisnis Anda Mudah Ditemukan

Jelaskan secara online di mana lokasi bisnis Anda dan di bidang apa Anda memberikan layanan atau produk yang Anda jual.

Selain pada BIO, Anda juga harus memasukkan detail kontak Anda – alamat, nomor ponsel, atau email pada setiap feed, saya biasa meletakannya diakhir caption.

Hal Ini sangat membantu ketika Anda menggunakan tag lokasi dalam posting Anda dan Story Instagram Anda. Sehingga orang-orang di area target Anda lebih mudah menemukan konten Anda.

Tetap Konsisten

Hal paling penting dari semuanya itu adalah konsisten, karena dalam membangun kepercayaan follower tentu Anda butuh konsistensi.

Pastikan selalu rencanakan kapan dan berapa kali Anda harus post pada feed dan membuat story secara reguler setiap hari agar follower tidak lupa dengan Anda.

Mungkin Anda terkadang tidak punya banyak waktu untuk dapat melakukan postingan secara konsisten maka Anda dapat menggunakan beberapa tools sehingga dapat melakukan postingan secara terjadwal.

Untuk Tools yang biasa saya gunakan dapat Anda baca di Tools Instagram Untuk Membantu Miningkatkan Follower.

Kreatif Membuat Caption

Faktor pendukung dalam mengelola akun Instagram adalah caption yang Anda gunakan, karena selain foto/video yang menarik caption dapat membuat follower Anda ikut berinteraksi dengan postingan Anda.

Oleh karena itu mulailah membuat caption yang lebih kreatif dan tidak membuat orang lain bosan, agar post Anda dapat tampil di top pencarian IG.

Lalu apakah caption yang panjang lebih baik dari pada yang pendek ?

Jawabannya tidak tentu, sebenarnya bagaimana Anda mengetahui apa yang audience Anda ingin bicarakan atau diskusikan.

Tidak ada tolok ukur yang pasti dalam membuat caption, melainkan seberapa baik Anda mampu menggiring follower untuk mau ikut berinteraksi dalam sebuah topik.

Jadi sebaiknya Anda juga banyak belajar tentang copywriting yang dapat meningkatkan interaksi.

Tips: Buat Caption jelas dan ringkas, tetapi jangan hanya menggambarkan apa yang ada di gambar / video, tambahkan sebuah value postingan Anda !

Gunakan Strategi Hastag

Hastag sangatlah penting digunakan jika Anda membuat sebuah post di Instagram, karena Instagram menggunakan hastag untuk pencarian.

Jadi jika post Anda tidak memiliki caption namun memiliki hastag, akan lebih baik jika dibandingkan sebaliknya.

Jadi melalui hastag atau penanda ini postingan Anda kemungkinan dapat ditemukan lebih banyak oleh pengguna IG dibandingkan post tanpa hastag.

Namun tentunya membuat hastag juga ada starteginya bukan hanya asal menggunakan hastag.

Starteginya adalah mengkombinasikan hastag yang memungkinkan Anda dapat muncul dipencarian populer.

Langkah-langkahnya :

  • Pilih Hastag yang masih relevan dengan bisnis Anda.
  • Pilih hastag yang memiliki nilai 1000+ pengguna jangan yang dibawag itu karena kemungkinan hal tersebut jarang digunakan orang.
  • Jangan memilih hastag yang juga terlalu besar misalnya bernilai 100.000.000, tentunya hal ini sangat sulit jika akun Anda masih belum populer.
  • Minimal pilih 12 hastag disetiap post

Kombinasi Hastag Strategi Instagram Marketing

  • Hastag Spesifik : 0 -99K
  • Hastag Medium : 100-999K
  • Hastag Populer : 1 – 9jt
  • Hastag Sangat Populer : 10 – 99jt
  • Hastag Super Populer : 100jt +

Gunakan Fitur Instagram Story

Story merupakan fitur dari Instagram yang sangat powerful terutama dalam hal call to action dalam bentul Swipe Up, jadi manfaatkan banyak fitur dari Instagram untuk mendukung Anda.

Namun untuk menggunakan fitur Swipe Up dari Instagram Anda perlu memiliki follower minimal 10K Follower.

Jadi pastikan segera naikan follower Anda minimal 10K agar dapat menikmati fitur ini selain harus beriklan dengan FB/IG Ads.

Engage, engage, engage !

Mengapa harus Engage ? ya … karena tanpa interaksi postingan di instagram Anda hanya layaknya album foto yang tidak dapat dikonversi menjadi pembeli.

Sedangkan tujuan Anda membuat Instagram adalah untuk meningkatkan penjualan online Anda maka dari itu buatkan postingan yang mengundang interaksi.

Setiap postingan yang memiliki interaksi yang baik dapat membuat akun Anda makin mudah ditemukan dipencarian dan yang kedua adalah memanfaatkan custome audience ketika Anda ingin beriklan dengan facebook/IG Ads.

Pelajari Insight

Analytic Instagram Marketing
Insight

Insight adalah hal penting untuk menentukan postingan selanjutnya, maka pelajari jenis dan tipe postingan Anda yang baik sebagai dasar untuk postingan selanjutnya.

Temukan jenis foto yang membuat orang ingin berkomentar atau melakukan like, save atau share.

Kemudian topik yang seperti apa yang follower Anda sukai, namun tentunya pastikan semuanya relevan dengan bisnis Anda.

Nah itu tadi mengenai Strategi Instagram Marketing semoga bermanfaat dan pastikan segera Anda coba dan tetap konsisten agar Bisnis Anda dapat sukses di Instagram.

Baca juga beberapa informasi yang Anda butuhkan lainnya :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.