Kontes SEO

Cara menang Kontes SEO, Website Cepat Halaman Satu

Beginilah cara menang kontes SEO website, bagi kamu yang ingin mencoba skill teknis SEO untuk berebut posisi dihalaman pertama google.

SEO atau Search Engine Optimization memang dibutuhkan, bagi kamu yang memiliki bisnis secara digital atau online.

SEO adalah cara mendatangkan traffic dengan cara organik, meskipun google juga menyediakan cara instan menggunakan google ads atau adwords.

Dan kebetulan saya memang fokus membangun bisnis saya sendiri dengan cara ini, maka hampir setiap hari terus belajar tentang facebook ads, Instagram dan WordPress.

Tapi hanya karena iseng saja ingin coba-coba ikut dalam sebuah kompetisi yang kebetulan masih satu topik dengan website saya sendiri.

Pengalaman Pertama Ikut Kontes SEO

Menang Kontes SEO
Juara 1 Lomba SEO Ranggawarsita Tour

Inilah pertama kali saya mengikuti kontes SEO yang diselenggarakan oleh, biro perjalanan Tour & Travel Ranggawarsita Tour Semarang.

Kontes yang berlangsung dari 3 Februari – 3 Mei 2020, target keyword “Sewa Bus Semarang” dengan total hadiah Rp. 10.000.000.

Total peserta yang mengikuti SEO Contest ini ada sekitar 65 orang dengan berbagai macam niche blog/website.

Dan saya pun mulai tertarik untuk mencoba ikut kontes ini yang niatnya hanya iseng, karena kebetulan satu niche dengan website saya ayonaikbis.com.

Ya itung-itung nambah konten tentang sewa bus pariwisata, karena memang lagi mau melengkapi artikel sewa bus.

Dan barulah, saya mendaftar pada tanggal 23 April 2020, yah meskipun udah ketinggalan engga apa – apa, mikirnya kalau menang ya sukur. 🙂

Artikel SEO yang saya daftarkan : Sewa Bus Semarang

Persiapan Kontes

Nah dari pengalaman saya, hal paling penting dalam membuat artikel SEO adalah persiapan, karena jika persiapan sudah matang maka hasilnya juga mantap.

Sudut Pandang

Hal pertama paling penting dan pokok adalah “Sudut Pandang”, karena setiap artikel yang saya tulis sendiri berusaha melihat dari sudut pandang versi saya.

Mengusahakan membuat artikel yang benar-benar original dari isi kepala, bukan hasil scrape artikel milik orang lain.

Meskipun banyak juga website TOP yang artikelnya hasil comot sana sini, dengan bermain spin text saja untuk menghindari duplikat konten dimata google.

Indah di Mata Manusia

Lomba SEO
Indah di Mata Manusia

Mungkin bagi sebagian blogger mencoba untuk membuat artikel yang baik dimata google, saya jawab “iya setuju”.

Tapi prioritas utama saya dalam menulis bukanlah indah dimata mesin pencari, melainkan menulis artikel yang indah dimata manusia.

Artinya artikel yang saya buat harus bermanfaat dan membantu orang lain, mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Jadi intinya, tulisan saya harus menjadi solusi dari masalah orang lain

Maka dari situlah saya tidak pernah menggunakan tools untuk mendatang traffic (fake), atau terlalu banyak bermain backlink.

Saya berusaha membuat konten natural dengan backlink yang juga engga banyak, karena saya sadar untuk mendapatkan backlink berkualitas itu juga butuh modal.

Jadi saya berusaha untuk memperkuat SEO On-page dibandingkan SEO Off-page, ya dengan cara memperkuat artikel dalam website saya sendiri.

Branding

Poin penting lainnya agar menang dalam lomba SEO adalah kekuatan branding, karena memang goal saya membangun brand bukan hanya tampil dihalaman pertama.

Kenapa harus Branding ?

Google itu sangat dinamis, karena setiap hari ada sekitar 2jt web / blog baru yang muncul. Maka jika hanya mengandalkan konten terus-terusan maka cape juga bersaing.

Jadi kenapa tidak diperkuat dengan brand, karena jika pembaca / audience sudah hafal dengan brand kita, maka merekalah visitor yang akan terus-terusan mendatangkan traffic.

Gambar Sendiri

Saya selalu puas dengan gambar yang saya buat sendiri, maka kebanyakan gambar yang saya unggah di website saya selalu sudah melalui editing.

Karena yang paling penting adalah bagaimana saya dapat menambahkan watermark / logo saya disetiap gambar.

Tahu kan apa maksudnya ? Ya itu lagi… kembali ke branding. 🙂

Ringkasan SEO

Secara singkat berikut ini adalah persiapan apa saja yang harus dipersiapkan, dalam mengikuti lomba Search Engine optimization agar tampil di halaman pertama google.

  • Sudut pandang / topik harus dipahami
  • Penguasaan materi
  • Perbanyak sumber referensi
  • Lihat gaya tulisan kompetitor
  • Pantau Keyword yang dipertandingkan
  • Bangun Backlink semampunya (Karena saya kurang mampu 😀 )
  • Perkuat artikel pendukung diwebsite sendiri
  • BERDOA …. ini paling penting dan mujarab.

Pengalaman

Mengikuti kontes atau lomba SEO ini bukan hanya semata-mata mengejar hadiahnya (“walaupun ya butuh juga”), tapi yang paling terpenting adalah memaksa untuk belajar.

Dari semua peserta lomba ini saya jadi kenal siapa saja yang berada diblog / website TOP saat ini, dan saya tidak pernah menganggap mereka musuh.

Hal yang selalu saya lakukan adalah “Add Friend“, siapa kompetitor terberat saya karena dengan adanya mereka saya makin semangat untuk belajar.

Menurut saya, musuh terbesar dalam perlombaan bukanlah peserta lainnya melainkan diri sendiri. Karena saya memang pemalas, makanya butuh trigger agar tidak malas yaitu kompetitor.

Jadi kemenangan ini bukanlah karena bisa menumbangkan peserta lainnya, melainkan menang untuk melawan kemalasan dalam diri sendiri.

Jadi bagi kamu yang sering atau ingin ikut lomba SEO pastikan lawan dulu diri sendiri, jangan pernah melakukan hal-hal curang.

Tidak ada yang tidak mungkin didunia ini jika dikerjakan, namun kemalasan adalah awal mula kehancuran.

Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada Ranggawarsita Tour yang telah memberikan acara ini, semoga usaha kedepan makin lancar, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19 ini sangat tidak bersahabat untuk sektor pariwisata.

Dan buat kamu yang membaca (mungkin juga teman dalam pertandingan A.K.A Kompetitor) saya ucapkan terima kasih juga, karena kita semua masih dapat berkerja dan berusaha.

Selamat berjumpa lagi di pertandingan berikutnya, yang lebih panas dan lebih menantang, jika tidak keberatan silakan bagikan artikel ini semoga menjadi inspirasi bukan hanya teori.

Tambahan : Lagi Nyobain ikutan kontes SEO “UNTAN Membangun Ekosistem Digital” tapi pakai blog cupu ini, ya itung-itung biar engga karatan nih blog.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.