Cara membuat Postingan Wordpress

Cara Membuat Postingan Baru WordPress | Pemula

Inilah tips mudah, cara membuat postingan baru WordPress bagi Anda yang pertama kali belajar membuat web / blog dengan CMS WordPress.

Jika Anda berkeinginan membuat blog / website yang ramai pengunjung maka syarat mutlak yang harus Anda lakukan adalah dengan cara menulis artikel dengan konten-konten bermanfaat.

Oleh karena itu berikut ini saya coba bagikan panduan sederhana cara membuat postingan baru di wordpress dengan bahasa yang mudah dan cepat dipahami.

Pada panduan ini kami menggunakan tipe Gutenberg, karena sebelum rilis wordpress versi 5.0 halaman kerja untuk menulis artikel menggunakan tipe Classic editor namun secara prinsip hampir sama hanya butuh kebiasaan saja.

Cara Membuat Postingan Baru WordPress

Setelah Anda memiliki sebuah blog / web yang dibangun diatas CMS WordPress silakan login kehalaman dashboard.

Pada halaman Dashboard, silakan pilih menu POST / POS

Dalam menu post terdapat beberapa submenu yaitu : All Post, Add New, Category dan Tag, dari sub menu tersebut untuk membuat post / artikel silakan pilih pada ADD NEW.

Menu Posting WordPress
Menu Post WordPress

Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman membuat post, dimana terdapat tiga bagian penting sebelum Anda mempublikasikan artikel Anda.

Untuk halaman penulisan berbentuk berupa block-block (Gutenberg) jadi tidak seperti menu yang lama (Ms. Word).

Dengan gutenberg untuk menulis dan menambahkan beberapa komponen cukup dengan klik pada icon (+) dan menghapusnya cukup dengan klik pada tiga titik menunya dan delete block.

Mengenai cara menggunakan fungsi-fungsi gutenberg nanti akan saya tulis pada artikel selanjutnya.

Kembali ke halaman membuat post, terdapat tiga bagian penting berikut ini.

  1. Judul
  2. Artikel
  3. Kelengkapan (Category, Tags, Feature Image, Excerpt, dll)
Panduan membuat Postingan WordPress
Halaman Post WP

1. Membuat Judul

Judul merupakan hal penting dalam membuat artikel, bahkan dari judul yang kreatif dan menarik maka akan banyak pengunjung yang akan mau membaca artikel Anda.

Jadi pastikan buat judul yang unik dan manarik namun jangan click bait ya 😀

2. Membuat Artikel

Mulailah menulis artikel yang bermanfaat dan menarik bagi pembaca. Semakin bermanfaat artikel yang Anda tuliskan maka semakin memungkinkan blog Anda akan memiliki banyak pengunjung.

Anda membuat tulisan dengan tambahan seperti gambar atau galeri agar artikel yang Anda buat lebih menarik dan tidak membosankan.

3. Kelengkapan

Setelah semua lengkap maka yang perlu Anda lakukan sebelum mempublikasikan adalah dengan melengkapi hal-hal berikut.

Menu Kategori Woordpress
Menu WordPress

Kategori

Pilihlah kategori yang sesuai dengan topik yang Anda tuliskan, dan Anda juga dapat memilih lebih dari satu kategori dalam post tersebut.

Jika Anda belum memiliki kategori dapat langsung menambahkannya secara instant dengan klik ADD NEW CATEGORY, dan kemudian pilih.

Jadi membuat kategori juga tidak perlu harus menuju kehalaman pengelolaan kategori cukup tambahkan pada menu bilah sebelah kanan.

Selanjutnya Anda juga dapat memilih kategori utama untuk artikel tersebut.

Tags

Tag sebenarnya fungsinya mirip dengan kategori hanya saja tag ini lebih difungsikan untuk mengumpulkan artikel yang memiliki kategori sama bahkan juga bisa memiliki kategori yang berbeda.

Sebagai contoh untuk artikel ini saya menulis panduan tentang WordPress dan memberi tag : Panduan, kemudian saya memiliki artikel lain tentang Panduan Dasar facebook Ads yang juga memiliki tag : Panduan

Jadi nanti jika kita pilih tag panduan akan muncul semua daftar artikel yang sudah saya tuliskan tentang panduan.

Feature Image / Gambar Unggulan

Feature Image atau gambar unggulan ini sangat penting dan merupakan faktor pendukung ketika nanti akan dibagikan ke sosial media.

Karena ketika kita bagikan artikel ini ke facebook, maka facebook akan menampilkan berupa cuplikan gambar, judul dan sedikit text dari paragraph pertama.

TIPS: Buat gambar unggulan semenarik mungkin untuk membuat pembaca ingin melakukan klik dan mengunjungi artikel Anda.

Excerpt

Excerpt adalah cuplikan text dari artikel yang Anda buat, biasanya diambil dari paragraph pertama dari post yang Anda buat.

Jadi pastikan cuplikan ini juga dibuat semenarik mungkin, namun jika Anda ingin membuat cuplikan berbeda juga dapat menulisnya pada bilah disebelah kanan.

Discussion

Pada menu Discussion ini Anda dapat memilih “Allow Comment” yang artinya mengijinkan orang lain mengomentari artikel Anda.

Namuan jika tidak dipilih maka pada artikel Anda tidak akan muncul formulir untuk mengomentari, kemudian untuk Pingbakcs dan Trackback dapat Anda pilih atau tidak.

Karena fungsi Pingback / Trackback adalah untuk mengetahui jika ada artikel Anda yang dikutip kehalaman lain / website lain.

Namun biasanya fungsi ini saya matikan agar tidak muncul pemberitahuan diatas kolom komentar yang membuat tidak enak dipandang.

Publish

Hal terakhir setelah selesai menulis adalah mempublikasikannya, namun Anda juga dapat menyimpannya sebagai draft (Save Draft) terlebih dahulu jika belum selesai.

Jadi jika keesokan hari ingin dilanjutkan tidak perlu menuliskannya ditempat lain namun jika Anda ingin melihat hasil akhir sebelum dipublikasi silakan pilih Preview.

Artikel Anda juga dapat diatur sebagai public, private atau dilindungi dengan password. Hal ini tentunya berfungsi jika Anda ingin menampilan artikel-artikel berbayar atau artikel yang hanya boleh diakses orang-orang tertentu saja.

Anda juga dapat mempublikasikan artikel pada tanggal tertentu sesuai keinginan, cara membuatnya pun cukup mudah, silakan pilih tanggal dan jam yang Anda inginkan.

Setelah semuanya sudah cukup maka langkah terkahir adalah publish atau terbitkan artikel Anda. Nah cukup mudah bukan untuk membuat postingan baru di WordPress, tentunya akan makin mudah jika Anda sering mencobanya.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat saya bagikan dan jika artikel ini bermanfaat silakan berikan rating bintang.

Dan jika Anda memiliki pertanyaan jangan ragu untuk meninggalkan komentar serta bagikan artikel ini kesosial media agar lebih bermanfaat.

Baca juga artikel menarik lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.